Purbalingga Masih Butuh 1.276 Guru

PURBALINGGA-Berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga, tercatat daerah ini masih membutuhkan sekitar 1.276 guru. Kekurangan guru tersebut hampir terjadi di semua jenjang pendidikan, baik dari tingkat TK hingga SMA/SMK.

Pendataan tersebut selesai akhir Oktober lalu. Setelah didata diperoleh hasil, jumlah kekurangan guru paling banyak guru SD dengan jumlah 463 orang. Sedangkan kekurangan yang paling sedikit adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SD dengan jumlah 28 orang.

Sementara itu secara keseluruhan total kebutuhan guru tercatat mencapai 6.392 orang. Sedangkan jumlah guru yang ada saat ini baru mencapai 5.116 orang.

Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Edi Suryanto menjelaskan, meski masih terjadi kekurangan, namun keberadaan tenaga guru wiyata bakti yang juga merupakan tenaga honorer sangat membantu. Adanya kekurangan guru ini akan terus dipenuhi melalui tenaga honorer yang diangkat menjadi PNS serta penerimaan guru PNS dari umum.

Dia mengungkapkan, hampir semua wilayah di Purbalingga mengalami kekurangan guru. Selain itu, tiap tahun tak sedikit para guru yang pensiun. Ini bisa terlihat dari jumlah guru yang mengusulkan pensiun ke Dinas Pendidikan. Bahkan perbandingan antara guru yang pensiun dengan pertambahan guru yang baru masuk tidak seimbang.
Guru Masuk
Sementara Ketua PGRI, Sumoyo mengatakan jumlah guru yang pensiun rata-rata mencapai sekitar 300 orang per tahunnya. Meski jumlah guru yang pensiun termasuk tinggi, namun hal itu belum diimbangi dengan jumlah guru yang baru masuk.

’’Untuk pengangkatan guru baru, selama tiga tahun terakhir ini hanya sekitar 250 orang. Jumlah itu jika dirata-rata hanya sekitar 75 orang pertahunnya,’’ kata dia.

Bahkan menurutnya, jumlah guru yang pensiun akan terus mengalami peningkatan hingga tahun 2018 mendatang. Angka pensiun saat-saat itu cukup tinggi karena pada waktu dulu ada pengangkatan secara massal melalui Instruksi Presiden (Inpres).

Edi menambahkan, dalam menghitung kebutuhan guru untuk suatu sekolah berdasarkan skala prioritas. ’’Kita punya DSP (Daftar Skala Prioritas-Red) yang dijadikan sebagai acuan dalam menghitung kebutuhan guru berdasarkan jumlah rombongan belajarnya,’’ ujar dia.(Suara Merdeka H48-29)

Both comments and pings are currently closed.

12 Responses to “Purbalingga Masih Butuh 1.276 Guru”

  1. ali mahfud SPd mengatakan:

    saya ali, lulusan S1 Pend. bahasa inggris. kira2 kebutuhan guru bahasa inggris dipurbalingga gimana?banyak Ga/ kalo boleh kirim infonya ya ke emailku soale saya lagi pengin ngajar disekolahan. terima kasih

  2. Sutrisni mengatakan:

    Assalamu’alaikum..,
    Kepada Pemerintah Kabupaten Purbalingga, saya Sutrisni, menyelesaikan S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 2009 awal. Mohon selalu informasinya untuk kebutuhan tenaga guru agama Islam di Kabupaten tercinta kami. Sehingga sumber daya manusia Purbalingga dapat menyumbangkan baktinya untuk tanah kelahirannya. Terimakasih…,
    Wassalamu’alaikum…

    Sutrisni.

  3. Budiardi Basuki mengatakan:

    Assalamualaikum, Yth. Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Saya guru bantu di Jakarta,saya putra daerah Purbalingga ( orangtua dariPurbalingga ), kakak masih disana.Berharap dapat mengabdi di sana. Nama : Budiardi Basuki,S.PdFis, S.Pd jurusan sarjana jurusan fisika dan elektro dari UNJ sementara saya di Jkarta Menjabat Ka Sekolah di sekolah swasta

  4. Nur Hadi Ahmad mengatakan:

    Assalamualaikum. Yth Pemerintah Kab. Purbalingga, mohon info lowongan guru PAI, saya lulusan PAI Semarang
    mohon di kirim ke email saya
    Maturnuwuuun

  5. eli atin mengatakan:

    salam hormat,kpd Yth:PemKab Purbalingga, saya lulusan keguruan Semarang thn 2008, saya berharap mendapat kesempatan menjadi Guru BP di daerah kelahiran saya.Saat ini saya bekerja di Jakarta mnjdi sekertaris Direktur Keuangan & Umum, dngn gaji yg lebih dari cukup untuk ukuran seorang single spt saya, tp mnjadi seorang guru adlh panggilan jiwa dan tetap mnjdi mimpi saya,Mohon Informasinya, ke e-mail

  6. Farida mengatakan:

    sy lulusan S1 kependidikan islam lagi butuh infrmasi kerja jd guru tlng infrmasikan ya…. ke email sy

  7. khalimatur rosyidah mengatakan:

    ass.bapak pemkab purbalingga..saya lulusan STAIN Surakarta jurusan Pendidikan Agama Islam thn 2009, tapi saya asli orang banyumas dan ingin sekali bekerja di daerah dekat dg tempat tingal..saya mohon infonya tentang lowongan guru PAI k email saya..terimakasih

  8. vai07706 mengatakan:

    untuk ngecek data peserta UN saya udah masukkan username dan password tapi komentarnya expired, gimana nih

  9. Anis mengatakan:

    saya lulusan S1 Pendidikan Matematika… saya tertarik untuk mengisi lowongan guru di Purbalingga… saya asli Banyumas.. Mohon informasinya dikirim ke email saya… terima kasih

  10. uswatun mengatakan:

    saya lulusan S1 PAI….saya tertarik untuk mengisi lowongan kerja guru di purbalingga….saya emang bukan asli orang banyumas..saya lulusan thn 2010….
    mohon informasinya di kirim ke email saya ..terima kasih.

  11. Anis mengatakan:

    saya lulusan S1 Pendidikan Matematika th 2010… saya tertarik untuk mengisi lowongan guru di Purbalingga… saya asli Banyumas.. Mohon informasinya dikirim ke email saya… terima kasih

  12. Murofikah,S.Pd mengatakan:

    assalam,,,
    saya lulusan S1 Pendidikan Matematika dari FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA kalimantan Barat,,saya berminat menjadi guru di purbalingga,saya bukan asli purbalingga,,tapi saya ikut suami saya tinggal di sana.
    mohon dikirim informasinya,,trims