Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Dewasa ini berbagai peristiwa yang telah menjurus kepada desintegrasi bangsa sudah banyak terjadi hampir di seluruh wilayah NKRI.  Salah satu upaya untuk menanggulangi hal ini adalah dengan mengimplementasikan 4 (empat) Pilar Kebangsaan lebih merata ke seluruh wilayah NKRI agar dapat dipahami dan diamalkan demi utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Langkah konkrit yang sedang diambil oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR-RI) saat ini dengan mengadakan roadshow untuk mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia  Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.  Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas dan Forum Ilmiah Guru Kabupaten Banyumas, hari ini, Kamis 20 Juni 2013 tengah berlangsung Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Gedung Gurinda Sarwa Mandala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Kegiatan yang diikuti oleh 200 orang terdiri dari unsur Kepala Sekolah dan Pengawas jenjang SMP/SMA/SMK ini menghadirkan nara sumber Wakil Ketua MPR-RI Dr. Hajriyanto Y. Thohari MA. Hadir pula wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan pemahaman, kesadaran dan mengimplementasikan kehidupan berbangsa dan bernegara melalui 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Wakil Ketua MPR-RI berpesan agar kegiatan sosialisasi ini dapat diikuti secara optimal untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta meningkatkan fungsi guru sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

(Sunarto – Dindik Bms)

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.