Guru Swasta Belum Bisa Cairkan Tunjangan Sertifikasi

PURWOKERTO- Sebagian besar guru swasta yang mengikuti proses sertifikasi tahun 2007 dan dinyatakan lulus, belum bisa mencairkan tunjangannya. Mereka terkendala oleh proses SK penyetaraan gaji yang belum selesai.

Dari 245 guru swasta, baru 16 orang yang sudah menerima tunjangan sertifikasi.

Kusno, guru honorer SMK swasta di Purwokerto mengaku mengikuti sertifikasi tahun 2007 dan lulus dalam penilaian portofolio, namun belum mendapat tunjangan profesi. Dia mengeluhkan proses pencairan yang lambat.

“Setahu saya, karena belum ada SK penyetaraan. Tapi itu belum jelas juga, mengingat waktunya begitu lama. Sudah satu tahun sejak saya dinyatakan lulus, kok belum bisa cair juga,” ujarnya.

Kabid Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan pada Dinas Pendidikan, Herni Sulasti mengakui sebagian besar guru swasta yang mengikuti sertifikasi tahun 2007 memang belum bisa mencairkan tunjangannya.

Disetarakan

SK tersebut, masih ditangani oleh Biro Kepegawaian Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Dari situ, gaji guru swasta akan disetarakan dengan gaji pokok pegawai negeri.

Penghitungan berdasarkan lamanya kerja. Kemudian satu kali gaji tersebut, nantinya diberikan dalam bentuk tunjangan sertifikasi. Herni mengatakan, mereka yang sudah menerima tunjangan sertifikasi, untuk sementara gajinya disamaratakan. Yakni sebesar Rp 1.500.000.

Ia menambahkan, sertifikasi pada guru swasta baru berlangsung pada tahun 2007. Pada tahun sebelumnya, hanya diikuti oleh guru yang berstatus PNS. (Suara Merdeka J2-74)

Both comments and pings are currently closed.

9 Responses to “Guru Swasta Belum Bisa Cairkan Tunjangan Sertifikasi”

  1. MASEDLOLUR mengatakan:

    di Ponorogo, dan umumnya di kota/kabupaten Jawa Timur semua guru swasta lulus sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2007 sudah menerima tunjangan
    tanpa menunggu SK penyetaraan

    silahkan konfirmasi ke Tendik Dinas Pendidikan Ponorogo

  2. amel08 mengatakan:

    Mengapa kabupaten lain sudah dapat dicairkan ?walaupun perhitungan impassingnya dilakukan menyusul. yaitu disamaratakan sebesar Rp 1.500.000,- per 6 bulan. sebagai contoh kab. Cilacap dan Purbalingga. Kapan Kabupaten Banyumas menyesuaikan ? Mohon dengan sangat untuk segera menyelesaikan yang menjadi hak kami. Semoga yang mendapat tanggung jawab mengurusi sertifikasi guru swasta Kab. Banyumas dimudahkan urusannya oleh Allah SWT. Amin.

  3. Guru mengatakan:

    Dari ampai sekarang, Banyumas ya begitu…. serba terlambat dan serba kurang optimal segalanya…….

  4. nn mengatakan:

    kenapa yunjangan sertifikasi kab banyumas yang guru negeri ada yang belum turun?????

  5. NN mengatakan:

    saya mohon dengan sangat yth bpk/ibu diknas yg mengurusi tunjangan sertifikasi scptya sk diselesaikan karna sudah 1tahun………………………………………………………………………………………………

  6. Arif mengatakan:

    Sing sabar bapak ibu nggih, niko mawon sampun untung bade dipun paringi tunjangan,lha tiang sanes malah mboten wonten sing njanjeni nopo malih maringi maringi tunjangan !Paling 1 – 2 tahun maksimal mesti medal !

  7. aloysius hariyadi mengatakan:

    mohon bertanya untuk impasing angkatan sertifikasi kapan terbitnya sk ? mohon untuk di jawab

  8. ryodimas mengatakan:

    Oh Cut Tari, betapa kasihannya dirimu menjadi korban Ariel. Padahal suami dengan setia tetap mendampingimu. Perasaan gantengan suaminya ketimbang si Ariel. Betapa bodohnya dirimu

  9. ryodimas mengatakan:

    Selamet buat Aldi Bragi yang sudah menikah untuk yang kedua kalinya, semoga kali ini bisa awet