Daya Serap Siswa Dianalisis

SEMARANG – Ujian nasional baru berlangsung April nanti. Namun beberapa sekolah sudah mengantisipasi jauh-jauh hari. Bahkan ada sekolah telah melakukan persiapan sejak awal tahun ajaran baru.

“Salah satu kesiapan kami adalah menganalisis daya serap siswa,” kata Kepala SMA 15 Drs Hari Waluyo, kemarin. Analisis itu, kata dia, untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan siswa mengerjakan soal serta memprediksi tingkat kesulitan soal ujian. “Untuk pokok bahasan yang sulit, kami tambahkan materi,” katanya.

Kurang Terpacu

Dia mengemukakan sekolah mempersiapkan siswa dengan menyelenggarakan program bimbingan belajar. Siswa memperoleh tambahan pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional. Untuk IPA meliputi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, fisika, kimia, dan biologi.

“Pemberian tambahan untuk IPS meliputi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika IPS, ekonomi, geografi, dan sosiologi,” ujar dia.
Pemberian tambahan itu berlangsung setelah kegiatan belajar- mengajar. Setiap hari satu pelajaran selama 60 menit.

Dalam pelaksanaan, ucap dia, motivasi siswa jadi kendala program bimbingan belajar. Pelaksanaan ujian nasional masih empat bulan lagi membuat mereka kurang terpacu. “Karena itu guru tak pernah henti memotivasi siswa.”

SMAN 6 Semarang juga menganalisis daya serap siswa. Untuk mematangkan analisis, kata Kepala SMAN 6 Drs Bambang Nianto Mulyo, sekolah akan mendatangkan narasumber dari Puspendik. Mereka akan memberikan pengarahan kepada para guru. “Jadi hasilnya bisa maksimal.”

Pelajaran tambahan juga diberikan kepada siswa kelas III. Selain itu sekolah mengadakan try out untuk lebih mempersiapkan siswa. Sudah lima kali terselenggara try out. “Dua kali diselenggarakan Dinas Pendidikan dan tiga kali oleh sekolah,” ujar dia. (Suara Merdeka H31-53)

Both comments and pings are currently closed.

One Response to “Daya Serap Siswa Dianalisis”

  1. Tadalafil soft tablets mengatakan:

    Tadalafil soft tablets…

    href=”http://forum.dotnetpanel.com/members/tadalafil_2D00_soft_2D00_tablet.aspx#”>Tadalafil soft tablets…