Upload dan Validasi Dapodik 2011/2012

Merujuk surat dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional Nomor : 1396/P3-1/TP/2011 tertanggal 12 Juli 2011 dan sehubungan dengan datangnya tahun ajaran baru Pendidikan Nasional tahun 2011/2012, dengan hormat kami sampaikan informasi Validasi Data Pokok Pendidikan Nasional (Dapodik), Nomor Induk Siswa Nasional dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NISN dan NPSN) sebagai berikut :
1. Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasi Saudara dalam mendukung program nasional khususnya pemeliharaan dan validasi data siswa dan data sekolah.
2. Saat ini System Dapodik telah menaikkan kelas dan meluluskan siswa terhitung sejak tanggal 18 Juli 2011, untuk itu kami mengharapkan kerjasama Saudara agar data yang ada dalam database tetap dilakukan pemeliharaan dan validasi sehingga dapat dipergunakan dalam penyusunan rencana dan program pendidikan baik didaerah maupun dipusat setiap tahunnya.
3. Untuk keperluan pemeliharaan dan update data siswa dalam Dapodik dapat dilakukan dengan ketentuan :
a. Seluruh data siswa kelas 6, 9 dan 12 secara otomatis statusnya sudah dijadikan lulus.
b. Seluruh data siswa selain kelas 6, 9 dan 12 secara otomatis statusnya naik kelas.
c. Jika ada siswa yang ’tidak naik kelas atau tidak lulus’ Operator Sekolah diwajibkan untuk mengedit status siswa yang bersangkutan melalui situs web operator pada alamat http://operator.dapodik.org (Melalui menu Siswa > Kenaikan Kelas > Set Siswa Tidak Naik untuk Siswa yang tidak naik atau menu Siswa > Kelulusan > Set Siswa Tidak Lulus bagi siswa yang tidak lulus).
d. Bagi Peserta Didik Baru jenjang SD/MI, Operator Sekolah dapat mengajukan NISN baru sesuai format uploader yang sudah ditentukan, sedangkan siswa kelas 7 (SMP/MTs) dan 10 (SMA/MA/SMK) diwajibkan mengupload data NISN yang diperoleh dari jenjang sekolah sebelumnya (sekolah asal siswa).
e. Bagi Sekolah yang menerima mutasi dari sekolah lain, upload siswa mutasi hanya bisa dilakukan lewat Dinas Pendidikan Kab.Banyumas dengan membawa bukti validasi mutasi yang diperoleh dari Sekolah/Kabupaten/Kota asal siswa.
f. Jika terjadi mutasi kepala sekolah, perubahan dapat dilakukan pada Menu Sekolah-Ubah Profil/Status Sekolah.
Diharapkan data NISN sudah terupload tanggal 29 Agustus 2011, hasil uploader dapat dilihat pada situs http://banyumas.dapodik.org. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan ke Sub Bagian Bina Program Dindik Kabupaten Banyumas.
Demikian, atas perhatian dan kerjasama kami sampaikan terima kasih.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.